Radiohead: “The Bends” (1995)

KEBANYAKAN grup musik memutuskan untuk tetap tinggal di dalam zona nyaman mereka, namun Radiohead malah memilih untuk mengambil satu lanskap musik, bermain-main dan menari di atasnya, lantas mendobrak segala batasan yang ada dan melampaui zona kenyamanan yang telah mereka bangun sebelumnya, untuk kemudian mengukir kesan unik dan megah bagi siapa saja yang telah mendengarkan karya-karya mereka.

Pada saat industri musik Britania Raya dipenuhi dengan argumen Oasis vs. Blur, Radiohead menindak-lanjuti album debut mereka, Pablo Honey (1993), dengan perpindahan yang lebih progresif menuju gerakan art rock yang pada saat itu masih belum populer. Radiohead merilis album kedua yang terasa lebih matang dan ambisius dalam tajuk The Bends, berisikan 12 materi lagu dengan musik dan lirik yang begitu kuat. Album kedua ini merupakan gabungan dari kreativitas dan keberanian Radiohead dalam mengekpresikan apa-apa yang mereka rasakan tentang penderitaan primordial manusia.

The Bends dibuka dengan lagu Planet Telex yang terasa megah dan benar-benar menyegarkan, sementara High and Dry dan Fake Plastic Trees — dengan sentuhan akustiknya yang begitu emosional — menghadirkan atmosfer kepedihan yang mengharukan. Dilanjutkan dengan Bones yang mencoba untuk mengembalikan keriangan di album ini, sebelum akhirnya Just benarbenar menghentakkan suasana hati dan memikat saya dengan kombinasi solo-gitar ciamik dari Jonny Greenwood dan lirik satire khas Thom Yorke. Street Spirit (Fade Out) menjadi penutup album ini dengan lirih dan suasana murungnya yang begitu menenangkan serta salah satu riff gitar paling terkenal dalam sejarah musik.

OK Computer (1997) dan A Moon Shaped Pool (2016) memang masih menjadi album terbaik yang pernah dirilis oleh Radiohead (atau bahkan oleh musisi mana pun!) hingga saat ini, namun melalui The Bends-lah mereka akhirnya benar-benar bisa meninggalkan kesan yang begitu kuat ke dalam kesadaran publik pecinta musik.

Dan, pada akhirnya, saya hanya bisa memikirkan dua kata ini untuk menggambarkan The Bends: “klasik” dan “epik”. []

* * * * *

— Daftar Lagu The Bends
1) Planet Telex
2) The Bends
3) High and Dry
4) Fake Plastic Trees
5) Bones
6) (Nice Dream)
7) Just
8) My Iron Lung
9) Bullet Proof..I Wish I Was
10) Black Star
11) Sulk
12) Street Spirit (Fade Out)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s