Radiohead: “Pablo Honey” (1993)

BERKEDIP dari materi sensasional berjudul Creep yang berisikan lirik paling muram dalam menertawakan diri sendiri yang pernah saya dengar, debut album Radiohead bertajuk Pablo Honey berisikan segala sesuatu tentang orang Inggris yang tidak tahu malu — “kesombongan” yang sepenuhnya dipengaruhi oleh lengkungan Anglo-Saxon. Lima pemuda asal Oxfordshire, Inggris, ini muncul secara ekstrem dengan tiga gitar (dan bass) dan penyanyi yang memiliki kegelisahan pribadi dan level narsisistiknya nyaris menyaingi Morrissey.

Dalam lagu berjudul Vegetable, sang vokalis — Thom Yorke — meneriakkan “I will not control myself!”, sementara di Prove Yourself, Yorke melantunkan lirik putus asa “I’m better off dead” dengan memelas. Lagu Thinking About You adalah musik folk getir dengan suara gitar akustik yang terdengar seperti ingin menguatkan atmosfer pahit dari patah-hati. Radiohead menutup album ini dengan materi berjudul Blow Out yang menyeret intro bossa nova ke dalam kebisingan yang megah di akhir lagu.

Yang membikin Pablo Honey terdengar memesona dan megah bukan hanya karena suara feedback dan petikan distorsi gitar serta dinamika vokal bergaya bisikan-dan-jeritan dalam struktur lagu-lagunya, namun juga karena kesolidan melodi dan lirik yang singalong-able — menjadikan album ini masuk dalam jajaran debut album alternative rock terbaik sepanjang masa.

Ada yang bilang bahwa “kesan pertama adalah segalanya”, dan dari situlah kita bisa menilai sesuatu serta menjadi pijakan untuk pilihan selanjutnya. Saya pikir Radiohead sangat paham dengan hal itu: melalui Pablo Honey, mereka memberikan “kesan pertama” yang mengejutkan, begitu menggoda, dan sulit sekali untuk dilupakan.

Setelahnya, Radiohead semakin berkembang dan berproses dari musik alternative rock menuju karya seni eksperimental yang lebih syahdu, lebih megah, lebih keren, lebih elegan, serta lebih membius dan ambisius dari yang sebelum-sebelumnya — melampaui setiap batasan yang ada untuk menjelma menjadi suatu kemenjadian yang ilahi.

Itu sudah. []

* * * * *

— Daftar Lagu Pablo Honey
1) You
2) Creep
3) How Do You?
4) Stop Whispering
5) Thinking About You
6) Anyone Can Play Guitar
7) Ripcord
8) Vegetable
9) Prove Yourself
10) I Can’t
11) Lurgee
12) Blow Out

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s