Jet: “Shine On” (2006)

KETIKA pertama kali mendengarkannya semasa SMA dulu, musik yang disajikan Jet terasa indah dengan kombinasi yang pas antara hentakan distorsi dan warna suara vokalisnya. Cester Bersaudara (Nic dan Chris) yang menjadi pentolan Jet seperti antipode dari Noel dan Liam Gallagher dari Oasis. Album debut Jet, Get Born (2003), adalah sebuah karya musik yang brilian dan meledak-ledak, berisikan lagu yang mudah untuk dinikmati dan dikenang macam Rollover DJ, Radio Song, Look What You’ve Done, Cold Hard Bitch, dan Are You Gonna Be My Girl, yang melambungkan nama mereka di dunia musik internasional.

Album debut yang mengesankan selalu diikuti dengan sebuah pertanyaan klise: bisakah sebuah grup musik menindak-lanjutinya dengan sesuatu yang mampu menampilkan esensi dari musikalitas mereka dan identitas diri mereka, sebuah karya musik yang lebih brilian dari yang sebelumnya? Dan pertanyaan semacam itu tampaknya menghantui personil Jet … selama sekitar, er, dua menit saja! Album kedua mereka, Shine On, menjadi bukti bahwa Jet tidak sepenuhnya paham dengan arti dari kata “tumbuh” dan “berkembang”. Jet menyederhanakan semuanya dengan membikin sebuah album rock ‘n’ roll biasa-biasa saja yang menawarkan sukacita gaya-lama.

Ada beberapa lagu yang sepertinya mencomot nada milik The Beatles begitu saja, sedangkan yang lainnya seperti ingin meniru musik milik The Everly Brothers, namun yang begitu jelas terdengar dari album ini adalah Jet ingin menjadi Oasis versi Australia. Coba dengarkan beberapa lagu dari album ini dengan menutup mata dan kamu bakal mengira bahwa kamu sedang mendengarkan lagu dari Oasis. Lagu berjudul Shine On, misalnya, yang merupakan sebuah requiem untuk ayah dari Cester Bersaudara yang mati karena penyakit kanker saat mereka melakukan tur promo album pertama, pada dasarnya adalah kembaran dari Stop Crying Your Heart Out-nya Oasis.

Shine On adalah album rock medioker — jika tidak ingin mengatakan bahwa album ini merupakan karya musik yang sepenuhnya mengerikan dan buruk — dengan sebagian besar materi lagunya membikinmu untuk segera menekan tombol Next Track pada pemutar musikmu. Bagi saya, album ini adalah semacam rindu yang tumbuh semakin besar setelah kencan pertama yang begitu mengesankan, namun sialnya, kita gagal untuk menuntaskan rindu itu di pertemuan yang kedua. Gagasan untuk tumbuh dan berkembang (baik itu dari segi musikalitas maupun lirik) di album ini memang terasa, namun sayangnya Jet tidak bisa mentransformasikannya menjadi sebuah aksi nyata yang konkret untuk menghasilkan materi lagu yang berkesan dan melekat di batok kepala — atau setidaknya lagu yang singalong-able ketika mendengarnya diputar di radio. Semua lagu yang ada di album ini terdengar serupa dan biasa-biasa saja. []

* * * * *

— Daftar Lagu Shine On
1) L’Esprit d’Escalier
2) Holiday
3) Put Your Money Where Your Mouth Is
4) Bring It on Back
5) That’s All Lies
6) Hey Kids
7) Kings Horses
8) Shine On
9) Come On Come On
10) Stand Up
11) Rip It Up
12) Skin and Bones
13) Shiny Magazine
14) Eleanor
15) All You Have to Do

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s