Chumbawamba: “Tubthumper” (1997)

SEBELAS tahun setelah merilis album perdananya, Chumbawamba akhirnya berevolusi dari grup musik anarcho-punk dengan lirik-lirik bertemakan pemberontakan proletariat menjadi sebuah unit musik yang menggandeng perusahaan rekaman mainstream (EMI/Universal Records) untuk memproduksi 12 lagu pop-dansa bertajuk Tubthumper pada tahun 1997. Materi dalam album ini didominasi oleh suara power chords elektronik yang cukup meriah dan Chumbawamba telah melunakkan beberapa retorika radikal dalam lirik-liriknya.

Dalam materi One by One, Chumbawamba berkisah tentang pengkhianatan yang sering dilakukan oleh para pemimpin partai politik melalui lirik serupa deret sajak menyedihkan dari seorang pecinta yang ditinggal kekasihnya pergi untuk kesekian kalinya. Gabungan drum dan bas dengan tempo yang terkesan dingin dalam lagu berjudul Smalltown membikin saya ingin melewati sorehari dengan segelas teh hangat tanpa gula sendirian, sementara Tubthumping memiliki irama yang cukup bagus untuk membangkitkan semangat dalam sebuah aksi demonstrasi ketika nasi bungkus telah habis.

Tubthumper bukanlah sebuah album musik tentang protes politik yang bertujuan untuk memberikan pencerahan atau menyadarkan massa, melainkan kumpulan lagu dari “mantan anarkis” yang ingin mengajak siapa saja berjoget ketika mendengarkannya. Setelah itu, maafkanlah mereka. []

* * * * *

— Daftar Lagu Tubthumper
1) Tubthumping
2) Amnesia
3) Drip, Drip, Drip
4) The Big Issue
5) The Good Ship Lifestyle
6) One by One
7) Outsider
8) Creepy Crawling
9) Mary, Mary
10) Smalltown
11) I Want More
12) Scapegoat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s