Kurt Cobain: “Montage of Heck: The Home Recordings” (2015)

MENANGGAPI respons positif terhadap film dokumenter terbarunya, Kurt Cobain: Montage of Heck (2015), Brett Morgen merilis Montage of Heck: The Home Recordings yang berisikan materi home recording Kurt Cobain antara tahun 1987 sampai 1994. Morgen dalam satu wawancara menegaskan bahwa album ini bukan hanya sekadar album kompilasi, melainkan juga “sebuah konsep album tentang perjalanan dan pengalaman”. Dan memang betul, ketika saya mendengarkan album ini saya merasa seperti mengalami sebuah perjalanan yang membawa saya masuk ke dalam ruang tamu seorang pahlawan yang telah mati dan membusuk di tanah, namun sayangnya perjalanan itu meninggalkan sebuah perasaan yang betul-betul hampa bagi saya.

Saya mendengarkan versi deluxe edition dari album ini yang berisikan 31 rekaman rumahan saat Cobain bersendawa, mengeluarkan suara kentut yang sangat mengganggu, dan menirukan suara Donald Bebek, serta beberapa suara yang dihasilkan ketika Cobain mencoba bermain-main dengan kecepatan tape recording-nya, memperlambat suaranya lantas kemudian mempercepat suaranya kembali. Ada beberapa lagu lelucon yang tidak lucu dan membikin saya bertanya-tanya tentang kesabaran seperti apa yang dimiliki oleh Tracy Marander — perempuan yang pernah menjadi kekasih Cobain — yang memberikan dukungan finansial ketika Cobain merekam semua lelucon garing itu.

Namun ada juga lagu yang mencoba memberi tahu salah satu ide Cobain yang akhirnya membikin Nirvana menapaki jalur ketenaran. Dalam lagu What More Can I Say terdapat momen di mana Cobain memberikan sentuhan distorsi yang begitu kasar namun menggairahkan di bagian chorus lagu tersebut yang menenggelamkan suara vokalnya: pergeseran dinamis yang akhirnya menjadi ciri khas di setiap lagu legendaris milik Nirvana. Suasana album ini menyala di materi berjudul Aberdeen, di mana Cobain berbicara/bercerita tentang masa mudanya dan keinginannya untuk melakukan bunuh diri — episode yang menarik sekaligus suram, sebuah versi romantis seorang remaja bermasalah yang dijadikan komoditas.

And I Love Her milik The Beatles dibawakan dengan begitu murung (dan menjengkelkan) oleh Cobain dalam album ini, mencoba menggambarkan kisah asmaranya dengan Courtney Love pada tahun 1992: sama-sama dimabuk-cinta dan, sekaligus, berada dalam kesulitan yang mengerikan. Sementara She Only Lies memberikan kesan muram dari kisah asmaranya itu dengan hanya diiringi suara bas saja.

Album ini ditutup dengan Do Re Mi, lagu legendaris terakhir yang ditulis oleh Cobain, dan versi editnya pernah dirilis dalam box set Nirvana, With the Lights Out, pada tahun 2004. Entah kenapa lagu ini “diizinkan” mengoceh selama hampir 11 menit di Montage of Heck: The Home Recordings, namun lagu ini begitu enak untuk dinikmati dan menjadi salah satu dari sedikit momen indah yang coba disuguhkan oleh album ini.

Montage of Heck: The Home Recordings sepertinya memang tidak bertujuan untuk memberikan musik yang baru, melainkan ingin memberikan satu pemahaman terakhir tentang proses kreativitas — sekaligus perihal memudarnya gairah — Cobain di bawah cengkeraman ketenaran global. Bagi saya, album ini adalah fase paling akhir dari putus cinta — atau kesedihan — di mana saya mencoba untuk menyesatkan diri dalam sebuah labirin kenangan dan menyadari bahwa esensi dari semua itu telah hilang. (Iya, mungkin seperti itu sayang.)

Dan juga, album ini menjadi bukti bahwa eksploitasi terhadap kehidupan personal Cobain telah memasuki babak yang paling tidak masuk akal dan menjengkelkan. Orang-orang harus berhenti melakukannya! []

* * * * *

— Daftar Lagu Montage of Heck: The Home Recordings [Deluxe edition]
1) The Yodel Song
2) Been a Son
3) What More Can I Say
4) 1988 Capitol Lake Jam Commercial
5) The Happy Guitar
6) Montage of Kurt
7) Beans
8) Burn the Rain
9) Clean Up Before She Comes [demo]
10) Reverb Experiment
11) Montage of Kurt II
12) Rehash
13) You Can’t Change Me / Burn My Britches / Something in the Way [demo]
14) Scoff [demo]
15) Aberdeen
16) Bright Smile
17) Underground Celebritism
18) Retreat
19) Desire
20) And I Love Her
21) Sea Monkeys
22) Sappy [demo]
23) Letters to Frances
24) Scream
25) Frances Farmer Will Have Her Revenge on Seattle [demo]
26) Kurt Ambiance
27) She Only Lies
28) Kurt Audio Collage
29) Poison’s Gone
30) Rhesus Monkey
31) Do Re Mi (Medley)

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. sinyobain says:

    Helow bos,apakah itu beneran rekaman koben?

    Like

    1. iya. rekaman mentah Cobain, sekaligus jadi soundtrack film dokumenter terbaru tentangnya.

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s