Godspeed You! Black Emperor: “Asunder, Sweet and Other Distress” (2015)

Dimulai dengan semacam upaya untuk mengumpulkan kekuatan magis dengan khidmat: thunderous guitars, summoning drums, dan acquiescent violin. Kemudian salah satu gitar mencoba untuk mengambil-alih kendali, namun gitar lainnya menolak; melodi nakal mulai terdengar, bercampur dengan alunan nada khas Timur Tengah; kemudian disusul suara lainnya, feminin dan rekonsiliasi, mencoba mengurangi ketegangan. Lantas suara gitarnya kembali tenang, semacam berada dalam sebuah diskusi di sebuah komunitas dan meyakini bahwa adalah mungkin untuk mengejar hasrat masingmasing yang berbeda sembari terus berusaha menjaga kebersamaan dan kehangatan yang ada. Namun keraguan tibatiba saja merayap, dan akhirnya berakhir dalam ketidak-pastian.

Peasantry or ‘Light! Inside of Light!’, materi lagu pembuka dalam album keenam Godspeed You! Black Emperor yang bertajuk Asunder, Sweet and Other Distress ini seolah-olah mencerminkan keinginan dan kesulitan dari sebuah aksi politik kolektif, dan lagu ini membangkitkan sesuatu yang lebih personal bagi grup musik asal Kanada tersebut: arti dari sebuah upaya untuk mempertahankan kolaborasi bagi delapan anggotanya, dan juga makna dalam menemukan cara untuk berbagi ekspresi.

Dalam komposisinya, album ini memiliki ekspresi yang khas: dua komposisi simfoni yang relatif singkat dan dua musik drone. Kenikmatan mendengarkan album ini ada di dalam setiap detailnya: bagaimana cara kedua musik drone itu untuk saling merefleksikan dan menantang satu sama lain — yang pertama adalah pengupasan kembali ke dengungan yang berderak, sementara yang kedua membangun konvulsi kemarahan.

Asunder, Sweet and Other Distress dimulai dengan kehancuran dan ratapan yang membutuhkan waktu untuk menyusun kembali serpihan-serpihannya yang tersisa, untuk kemudian melonjak dengan satu tujuan: kemarahan untuk menyerang musuh di bagian yang paling mematikan.

Setelahnya, saya hanya memikirkan dua kata ini untuk menggambarkannya: “tegas” dan “menantang”! []

* * * * *

— Daftar Lagu Asunder, Sweet and Other Distress
1) Peasantry or ‘Light! Inside of Light!’
2) Lambs’ Breath
3) Asunder, Sweet
4) Piss Crowns Are Trebled

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s