Bad Religion: “True North” (2013)

ADA beberapa momen di mana Bad Religion, grup musik “intelektual punk rock” Amerika Serikat, tampaknya telah kehilangan arah. Namun ketika orang-orang mengira bahwa Bad Religion telah terpuruk dan terkubur di bawah serangkaian upaya label rekaman major yang kacau dan habis-habisan, band asal Kota Los Angeles, California itu mengambil langkah mundur kembali ke gaya lama mereka yang meledak-ledak.

Sebelas tahun setelah kebangkitan artistik mereka, musik Bad Religion terdengar lebih muda ketimbang apa-apa yang pernah mereka bikin satu dekade yang lalu. True North, album penuh Bad Religion ke-16 yang dirilis pada tahun 2013, membawa band ini ke dalam zona nyaman lirik konseptual yang kontemplatif, raungan distorsi gitar yang gesit, pukulan drum yang menghentak, dan vokal latar yang selaras. Dan sementara ini terasa seperti kelinci yang ditarik keluar dari topi ajaib Bad Religion selama nyaris 35 tahun, album ini masih bergema dengan kejernihan yang brutal.

Materi yang ada di album ini berderak, meretih, dan mendedas dengan energi senapan mesin dari rekaman-rekaman awal Bad Religion — macam Suffer (1988), No Control (1989), dan Against the Grain (1990) — dan itu merupakan pujian untuk album ini. Lagu Land of Endless Greed dan Dept. of False Hope, misalnya, tetap mengikuti naskah provokasi pikiran a la punk rock yang khas Bad Religion, sementara nomor Hello Cruel World mengingatkan saya pada trek Infected di album Stranger than Fiction (1994).

Secara lirik, Bad Religion masih melempar belati tajamnya ke sasaran lama mereka seperti watak tuhan, keserakahan korporasi, dan mentalitas gembala/budak masyarakat Amerika Serikat. Ketika sang vokalis, Greg Graffin, mengemukakan asumsi kebenaran (“Let’s say we try to get this right”) dalam lagu Robin Hood in Reverse, dia menyanyikannya dengan keyakinan tertentu yang membuktikan bahwa Bad Religion berusaha menginterupsi status quo. Sementara dalam nomor Popular Consensus, Graffin mengingatkan bahwa “maybe you’ve seen the light, but you know that popular consensus doesn’t make it right”.

True North adalah rekaman solid lainnya untuk repertoar Bad Religion, dan bisa dibilang bahwa ini adalah album terbaik mereka sejak merilis Against the Grain. Pada akhirnya, kemampuan True North untuk mengimbangi resume Bad Religion yang cukup panjang dan mengesankan di belantika musik menjadi bukti dan alasan yang cukup untuk menenangkan dan menghibur kebanyakan penggemar mereka. []

* * * * *

— Daftar lagu True North
1) True North
2) Past Is Dead
3) Robin Hood in Reverse
4) Land of Endless Greed
5) Fuck You
6) Dharma and the Bomb
7) Hello Cruel World
8) Vanity
9) In Their Hearts is Right
10) Crisis Time
11) Dept. of False Hope
12) Nothing to Dismay
13) Popular Consensus
14) My Head Is Full of Ghosts
15) The Island
16) Changing Tide

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s